» » Menaker Ajak SP/SB Explore Permasalahan Ketenagakerjaan Sekaligus Solusinya

Menaker Ajak SP/SB Explore Permasalahan Ketenagakerjaan Sekaligus Solusinya

Penulis By on Senin, 03 Oktober 2016 | No comments

Persoalan ketenagakerjaan di Indonesia laksana ‘gunung es’ yang membutuhkan perhatian dari seluruh stakeholder ketenagakerjaan. Oleh karenanya, pemerintah berharap kepada seluruh stakeholder ketenagakerjaan agar bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi untuk berdiskusi serta bergotong-royong dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ketenagakerjaan yang ada.

“Dengan intesitas dialog, kita yakin masalah ketenagakerjaan akan dapat dicarikan titik temu persoalannya,” kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat berdialog dengan sejumlah Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Menaker, dialog antar stakeholder sangat penting untuk mengeksplorasi masalah-masalah yang berkembang di dunia ketenagakerjaan. Selain itu, dialog antar stakeholder dapat membantu opsi-opsi solusi permasalahan ketenagakrjaan terserap dengan baik.

Untuk itu, dialog antar pihak itu pun diharapkan terwujud dengan asas kekeluargaan. Hal ini menurutnya akan menjadikan dialog lebih cair dan sistematis. Dengan begitu, masing-masing pihak akan lebih memahami posisi masing-masing, sehingga dialog terhindar dari emosi dan ego sektoral. Ia pun menegaskan, pemerintah, khususnya dari Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) akan selalu terbuka dengan segala masukan dari seluruh pihak.

“Kami dari pemerintah selalu membuka diri untuk berdialog dengan setiap stakeholder,” tegasnya.

Saat ini, yang dibutuhkan dari masing-masing stakeholder adalah pemahaman yang sama akan kondisi dan persoalan ketenagakerjaan. Meskipun hal itu dilihat dari kaca mata masing-masing. Hal ini dikarenakan dinamika dunia usaha dan industri yang sudah berubah sekian pesatnya.

Dengan adanya pemahaman yang sama akan kondisi dan persoalan ketenagakerjaan dari masing-masing pihak, maka masing-masing pihak akan lebih memahami posisinya serta persoalan yang dihadapinya. Dengan begitu, masing-masing pihak akan bergerak untuk menyelesaikan persoalan yang sama tersebut, sesuai dengan fungsi, peran, dan porsinya masing-masing.

“Tantangan ketenagakerjaan begitu besar. Perubahan dunia menjadi sangat dramatik di semua level,” ujarnya.

Diskusi yang dilangsungkan di kediaman Menaker, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan tersebut juga dihadiri Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Haiyani Rumondang, Plt. Dirjen Binwasnaker Kemnaker Maruli A. Hasoloan, Direktur PPHI Kemnaker Sahat Sinurat, Direktur KKHI Kemnaker Siti Jubaidah dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemnaker.

Sumber : http://kemnaker.go.id/berita/berita-kemnaker/menaker-ajak-spsb-explore-permasalahan-ketenagakerjaan-sekaligus-solusinya
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya