Looking For Anything Specific?

ads header

PUK PT TMMIN Diskusi Masa Depan Industri Otomotif Indonesia Bersama FSP LEM SPSI dan K-SPSI

Photo bersama Kunjungan Industri Serikat Pekerja ke Industri Otomotif terbesar di Indonesia


Buruh, Kunjungan Industri Serikat Pekerja ke Industri otomotif terbesar di Indonesia Toyota Motor  Manufacturing Indonesia yang beralamatkan di Kawasan Industri KIIC Lot DD 1 Jl. Permata Raya, Karawang Barat, Sinarbaya, Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat, bertempat di Auditorium Plat #3 Karawang.Jumat 14/6/2024.

visit xev center PT TMMIN Plant Karawang

Agenda ini dibagi dalam tiga sesi yaitu sesi ramah tamah (informal meeting), sesi visit ke xEV center, dan sesi diskusi.Pada sesi visit ke xEV center semua peserta berkesempatan untuk mencoba/test drive mobil-mobil listrik yang diproduksi oleh Toyota.

Tampak hadir Dalam agenda ini Bung Mohammad Jumhur Hidayat (Ketua Umum K-SPSI), Bung Arif Minardi (Ketua Umum DPP FSP LEM SPSI), Bung Yusuf Suprapto (Ketua DPD FSP LEM SPSI Jakarta), Bung Muhamad Sidarta (Ketua DPD FSP LEM SPSI Jawa Barat), Bung Usman (Ketua DPC FSP LEM SPSI Jakarta Utara), Bung Abas Purnama (Ketua DPC FSP LEM Karawang) , dan beberapa pengurus dari perangkat tersebut.

Agenda ini diawali oleh pemaparan materi dari Bung Fajar selaku ketua PUK PT TMMIN yang salah satu isinya menitikberatkan pada perkembangan dan masa depan industri otomotif di Indonesia. Dalam sesi diskusi ini, masing-masing ketua dari perangkat memberikan advise, saran, dan pendapat yang bersifat konstruktif.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi PUK PT TMMIN dimana dapat dikunjungi oleh semua perangkat diatasnya, terima kasih sudah sudi berkunjung ke Tempat kerja Kami, mohon maaf jika tidak berkenan", Tandas Fajar

visit Plant 3 Karawang PT TMMIN

Dalam kesempatan tersebut Jumhur Hidayat memberikan saran, pertemuan ini harus dilanjutkan dengan membuat sebuah event yang bersekala nasional yang didahului dengan aktifitas FGD (Focus Group Discussion) yang melibatkan pihak akademisi dan praktisi untuk membahas korelasi antara electrification vehicle dengan NZE (Net Zero Emission)

Lain Halnya Arif Minardi memberikan advisenya, bahwa Toyota sudah berpikir secara laborisme dimana sudah mempedulikan terkait job secure para pekerja dan juga supplier-nya. Sedangkan untuk item NZE, beliau senada dengan dengan Bung Jumhur, bahwa harus segera dilakukan kajian khusus terkait perkembangan NZE di Indonesia;

Berbeda dengan M Sidarta, beliau lebih melihat bahwa persaingan otomotif sekarang bukan hanya antara brand dengan brand. Namun lebih ke arah negara dengan negara. Terkait dengan perkembangan otomotif di Indonesia, beliau menyarankan untuk membuat data efect domino jika otomotif di Indonesia stagnant.

Adapun Yusup Suprapto mengapresiasi PUK PT TMMIN karena memiliki  terhadap kondisi otomotif di Indonesia sekarang ini. Jika Indonesia hanya dijadikan market saja, maka industrialisasi tidak akan berkembang sehingga beresiko menurunkan atau menghilangkan pekerjaan  yang akhirnya dapat mengurangi jumlah Anggota.

“Kita bersama-sama akan membuat kajian lebih mendalam terkait masa depan industri otomotif di Indonesia yang tentunya akan sangat berpengaruh pada lapangan kerja (job secure)” pungkas Bung Fajar di akhir sesi ini.(obn)

0 comments:

Posting Komentar