GERAKAN TOLAK OMNIBUSLAW (GETOL) JATIM SIAP GELAR SOMASI PRESIDEN

Konsolidasi Buruh dan Mahasiswa Jawa Timur bahas OMNIBUS LAW
F SP LEM SPSI, Buruh dan Mahasiswa Jawa Timur pada hari ini (26/02/2020) melakukan pertemuan di kantor LBH Surabaya. Pertemuan diinisiasi oleh Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan (JARKOM SP Perbankan) guna menyikapi rencana pemerintah yang ingin menerbitkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja.
Dalam pertemuan ini seluruh elemen sudah tidak lagi membahas tentang dampak munculnya aturan namun lebih fokus pada menyatukan visi misi untuk melakukan penolakan terhadap UU Cipta Kerja dengan langkah langkah aksi nyata.

Mereka meyakini bahwa perlawanan ini harus dilakukan dalam gerakan bersama dengan mengesampingkan ego masing-masing yang dianggap menjadi permasalahan tidak adanya persatuan rakyat selama ini.

Nama GETOL JATIM pun disepakati sebagai nama aliansi ini. GETOL adalah singkatan dari Gerakan Tolak Omnibus Law dan sekretariatnya di LBH Surabaya di Jalan Kidal No. 6, Surabaya.
Gebrakan aksi yang akan dilakukan aliansi ini adalah setiap PUK akan melakukan somasi kepada Presiden dan Ketua DPR RI, melakukan kampanye sosial dengan menyebarkan selebaran di kawasan-kawasan industri serta menggaungkan tagar #tolakomnibuslaw dan #getoljatim di media sosial.
Kemudian pada tanggal 11 Maret 2020, GETOL JATIM akan melakukan Mimbar Rakyat di Bundaran Waru yang merupakan lokasi strategis perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Bukan lagi di kantor-kantor pemerintah. Hal ini dilakukan karena kaum buruh dan mahasiswa sudah tidak percaya lagi kepada pemerintah.
Mimbar Rakyat ini akan diisi dengan orasi-orasi dan aksi teatrikal oleh seluruh elemen. Mereka menolak adanya diskusi dengan pemerintah karena tuntutannya hanya satu yaitu tolak dan batalkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja.
Konsolidasi Gerakan Tolak Omnibus law (GETOL) Jawa Timur
Organisasi yang hadir adalah Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (FSP LEM SPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI), Konfederasi Serikat Nasional (KSN), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP KSPI), Federasi Makanan Minuman Pariwisata dan Hotel (FSB KAMIPARHO KSBSI), , Federasi Serikat Buruh Independen (FSBI), Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI KPBI), Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI), Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (FSPBI KASBI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, Wadah Asah Solidaritas (WADAS), Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Surabaya, Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan (JARKOM SP Perbankan), Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA), Persatuan Pekerja Korban Freeport Indonesia (P2KFI), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Universitas Airlangga, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Universitas Airlangga, Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA), Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). (obn)

Tidak ada komentar:

LEM TV

Terbaru


Labels

Blog Archive