Looking For Anything Specific?

ads header

PERNYATAAN PRABOWO TEGAS DAN MENYAKITI BURUH

Arif Minardi Ketua Umum FSP LEM SPSI/ SEKJEN KSPSI Pembaruan

 MEDIA LEM SPSI, Jakarta, 10 November 2023 - Pernyataan calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang menyebut upah buruh tak perlu naik ditanggapi keras oleh Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB). AASB menilai pernyataan Prabowo tersebut tidak tepat dan tidak sesuai dengan kondisi perekonomian nasional.

"Pernyataan Prabowo Subianto tersebut tidak tepat dan tidak sesuai dengan kondisi perekonomian nasional. Buruh adalah bagian dari pelaku ekonomi yang turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, buruh berhak mendapatkan upah yang layak," kata Presedium  AASB dan Sekjend KSPSI Pembaruan , Arif Minardi, dalam wawancara podcast, Jumat (10/11/2023).

Arif mengatakan, kenaikan upah minimum merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan daya beli buruh. Dengan daya beli yang meningkat, buruh dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan turut mendorong perekonomian nasional.

"Kenaikan upah minimum juga dapat meningkatkan kesejahteraan buruh dan keluarganya. Oleh karena itu, kenaikan upah minimum adalah hal yang wajar dan perlu dilakukan," kata Arif.

Arif meminta Prabowo untuk segera merevisi pernyataannya tersebut. Prabowo juga harus berpihak kepada kepentingan buruh dan pekerja.

"Prabowo harus segera merevisi pernyataannya tersebut. Prabowo juga harus berpihak kepada kepentingan buruh dan pekerja," kata Arif.

AASB merupakan aliansi dari berbagai serikat pekerja yang menuntut kenaikan upah minimum sebesar Rp.6.245.368,- (enam juta dua ratus empat puluh lima ribu tiga ratus enam puluh delapan rupiah). AASB juga menuntut pemerintah untuk segera menerbitkan Aturan Diskresi Tentang Kenaikan Upah Minimum (UM) Tahun 2024 yang Berkeadilan, dengan menerapka formula (rumusan) didasarkan pada PDB perkapita, sebagaimana formula UMN. 

Sumber: Pernyataan Tuntutan Aksi AASB pada 7 November 2023 KEMENAKER 

Selain Arif Minardi, pernyataan Prabowo Subianto tersebut juga ditanggapi oleh sejumlah tokoh buruh lainnya. Salah satunya adalah Daeng Wahidin, Presiden Konfederasi Buruh Merdeka (KBMI)

Daeng menilai pernyataan Prabowo tersebut menunjukkan bahwa Prabowo tidak memahami kondisi perekonomian nasional. Menurutnya, kenaikan upah minimum merupakan hal yang wajar dan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.

"Pernyataan Prabowo tersebut menunjukkan bahwa Prabowo tidak memahami kondisi perekonomian nasional. Kenaikan upah minimum merupakan hal yang wajar dan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh," kata Daeng dalam Podcast Channal Youtube @Logika Rakyat.

Daeng meminta Prabowo Jangan lagi Cawe-cawe dan berpihaklah kepada kepentingan buruh.Mumpung masih mejabat gunakan untuk membela buruh, kalau sudah tidak menjabat galak seperti apa pun seperti macan ompong. @kg_krd

0 comments:

Posting Komentar