Looking For Anything Specific?

ads header

Buruh Tuntut Segera terbitkan Aturan Diskresi Tentang Kenaikan Upah Minimum (UM) Tahun 2024 yang Berkeadilan

 

Aliansi Aksi Sejuta Buruh lakukan unjuk rasa tuntut kenaikan Upah 15 % Kemenaker RI

Jakarta, Upah memang bukan satu-satunya indikator kesejahteraan buruh. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa upah adalah faktor penting dalam meningkatkan kesejahteraan buruh terutama di suatu negara yang fasilitas selain upah yang diberikan negara kepada buruh masih buruk, sebagai misal program perumahan, transportasi, jaminan kesehatan dan sebagainya. Memperhatikan keadaan tersebut, maka upah di Indonesia menjadi sangat penting dan memberi sumbangan terbesar dalam kesejahteraan buruh.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam tuntutannya di aksi Kemenaker Rabu 15/11/2023 Jl. Gatot Subroto DKI Jakarta.

"Terbitkan Segera Aturan Diskresi Tentang Kenaikan Upah Minimum (UM) Tahun 2024 yang Berkeadilan, dengan menerapka formula (rumusan) didasarkan pada PDB perkapita, sebagaimana formula UMN" Kata Jumhur Hidayat saat di hubungi fsplemspsi.or.id di lokasi aksi unjuk rasa 

Untuk itu AASB menolak politik upah buruh rendah (murah) yang memisahkan buruh dengan rakyat luas terhisap dan tertindas, khususnya kaum tani. AASB percaya bahwa tuntutan kenaikan nominal upah semata-mata bagi buruh tanpa memperhatikan keadaan kaum tani (sebagai kaum mayoritas) dan rakyat lainnya yang upah dan pendapatannya tidak naik, sementara harga barang terus naik akibat inflasi, hal ini akan menjadikan persekutuan pokok buruh dan kaum tani akan terancam rusak. Karena itu, sejalan dengan tuntutan kenaikan upah bagi kaum buruh, AASB juga menuntut jaminan atas kepastian ketersediaan, distribusi dan penurunan harga kebutuhan pokok rakyat secara drastis dan pembebasan pajak bagi buruh, tani, dan rakyat miskin bagi perbaikan (reform) upah buruh dan seluruh rakyat. (obn)

0 comments:

Posting Komentar