Buruh KSPSI Demo di Depan Istana Monas Hari Ini 10 Agustus 2023, Tuntut Cabut UU Ciptaker

Masa Buruh bergerak menuju Istana Negara menuntut Pencabutan UU Omnibuslaw


F SP LEM SPSI, Koordinator Presidium Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) sekaligus Ketua Umum DPP Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Jumhur Hidayat memastikan bahwa para buruh di bawah KSPSI akan menjalankan aksi demo pada 10 Agustus 2023.

Jumhur Hidayat memastikan bahwa aksi demo buruh yang digagas kelompoknya ini tidak ada kaitan dengan seruan pengamat politik Rocky Gerung. Seperti diketahui, Rocky sempat hadir dalam acara konsolidasi Akbar Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) pada 29 Juli 2023 di Islamic Center, Kota Bekasi.

Sebagai pembicara Rocky Gerung berorasi menyikapi berbagai isu dan kritik terhadap pemerintah. Sampai akhirnya menyinggung soal rencana aksi people power pada 10 Agustus 2023

"Iya sudah direncanakan. Tidak ada hubungan sama Rocky. Rocky itu memberikan semangat justifikasi, enggak ada hubungan," kata Jumhur saat dihubungi, Rabu (9/8/2023).

Hal tersebut senada dengan apa yang bakal menjadi tuntutan AASB beserta buruh lainnya. Yakni, mendesak pemerintah mencabut UU Ciptaker dan sejumlah undang-undang yang tak berpihak kepada rakyat.

"Itu Rocky di acara saya, gimana. Itu konsolidasi buruh untuk 10 Agustus di kita. Rocky kita undang, anda lihat dong di belakang Rocky siapa itu fotonya. Foto saya," kata Jumhur.

Masa Aksi Gabungan Buruh Aliansi Aksi Sejuta Buruh bersama Mahasiswa

Adapun rencana aksi besok, kata Jumhur, pihaknya telah sepakat menggelar aksi bersama Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) pimpinan Nining Elitos. Namun, aksinya itu berbeda dengan aksi yang digelar Partai Buruh Rabu (9/8) hari ini.

"Demo dengan Nining, kita sama tanggalnya sepakat sama-sama tanggal 10. Cuman beda aliansi, tapi sama kita sepakat tanggal 10. (Demo buruh hari Rabu 9 Agustus), Itu mah Iqbal serikat buruh," ujarnya.(obn)

Komentar