Merayakan Harpekindo, Ketua DPD FSP LEM SPSI Kepri Serukan Penguatan Organisasi.


Kepri, fsplemspsi.or.id - Dalam rangka perayaan Hari Pekerja Indonesia (Harpekindo) Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Kepri gelar acara peringatan Harpekindo bertema " Mensejahterakan Pekerja, Membangun Negeri " Selasa 21/02/2024 bertempat di restoran golden prawn wilayah Bengkong, Kota Batam.

Hadir dalam acara Ketua DPC FSP LEM SPSI Kota Batam Marga Suryasastra, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam Rudi Sakyakirti S.H. , M.H. bersama jajaran turut memeriahkan acara peringatan tersebut.


Dalam sambutan, Ketua DPD Syaiful Badri Sofyan S.H. menyampaikan pidatonya dengan penuh semangat serta motivasi kepada seluruh jajaran kepengurusan dari tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), sampai tingkat Pimpinan Unit Kerja (PUK) yang menyerukan hendaknya sebagai pengurus yang memikul tanggungjawab atas kondisi kesejahteraan anggotanya agar senantiasa menumbuhkan karakter militansi serta sifat yang cenderung menguatkan organisasi.

" Acara peringatan Harpekindo hari ini adalah wujud kita mengingat dan menanamkan pada diri kita sebagai pengurus bahwa kita pengurus organisasi serikat pekerja masih dan akan terus mengingat bahwa organisasi serikat pekerja yang diputuskan melalui Kepres ini adalah ini sarana bagi pekerja untuk memperjuangkan hak - hak pekerja, tentu sebagai pengurus kita wajib memahami dan mensosialisasikam pemahaman tersebut agar dapat secara luas dipahami, dimulai dari diri kita selaku pengurus organisasi serikat pekerja, khususnya FSP LEM yang saat ini adalah organisasi serikat pekerja yang terbesar di Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau, dan 'moment' Harpekindo yang lahir melalui Kepres No.9 Tahun 1991 Tentang Hari Pekerja Indonesia juga merupakan hal yang harus diketahui oleh kita sebagai pengurus organisasi serikat pekerja " Ungkap Syaiful yang juga menjabat sebagai anggota LKS Tripartit Provinsi Kepri.


Masih dalam sambutannya, Ketua DPD juga berpesan agar program organisasi yang bernilai penguatan organisasi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) selalu diadakan sehingga FSP LEM SPSI semakin kuat, baik dalam konteks jumlah keanggotaan maupun karakteristiknya, sehingga mampu mengambil peran dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja khususnya di Kota Batam dan Provinsi Kepri.

" Keberadaan organisasi serikat pekerja sangat dibutuhkan dalam berbagai peran peningkatan kualitas kesejahteraan bagi pekerja, oleh karenanya tiap diri pengurus wajib memahami fungsi keorganisasian sehingga mampu mengambil sikap - sikap yang mengarah kepada keberhasilan kepentingan bersama dan bukan pribadi atau individu perseorangan semata, untuk itu telah disepakati bahwa poin terpenting saat ini adalah penguatan organisasi " tegasnya.

Penyampaian pesan dan kesan pada sambutan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam juga menjadi salah satu hal menarik bagi para peserta kegiatan, cerita masa lalu dengan dinamika persoalan ketenagakerjaan didalamnya menjadi suatu kesan baik tersendiri bagi Rudi Sakyakirti.


" Saya mengenal SPSI tentu sejak saya masuk di Disnaker di tahun 2008 yang lalu, bagi saya pribadi kesannya adalah baik, beberapa nama perusahaan yang cukup berpengaruh di Kota Batam dalam hal kondisi kemasyarakatan khususnya di bidang ketenagakerjaan ini cukup berkesan sampai hari ini sebab didalamnya organisasi serikat pekerjanya adalah SPSI ini, dengan berbagai perbedaan persoalan diantara masing-masingnya saya bersyukur bahwa persoalan - persoalan tersebut dapat terselesaikan secara baik dengan hubungan komunikasi dan kordinasi yang baik pula, satu hal mengenai pola atau kultur yang telah saya lakukan adalah tentang komunikasi antara dinas ketenagakerjaan dengan organisasi serikat pekerja yakni kalau dulu itu terkesan anti namun sejak tahun 2008 saya mulai biasakan untuk duduk sambil ngopi bersama untuk saling mengenal, sehingga ketika persoalan - persoalan muncul nantinya dapat dilakukan upaya penyelesaian dengan cara - cara yang baik pula " jelas Rudi.


Acara peringatan Harpekindo dilakukan dengan seremonial pemotongan tumpeng oleh Ketua DPD Syaiful Badri Sofyan, dengan penghormatan pemberian potongan pertama kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam Rudi Sakyakirti.


Kemeriahan serta kegembiraan di akhir acara terlihat dengan seluruh peserta kegiatan maju kedepan untuk bernyanyi secara bersama - sama. (Red/w)

Komentar