» » 15 PESILAT KOLAT BAPOR LEM IKUT TRADISI TAHUNAN MERPATI PUTIH

15 PESILAT KOLAT BAPOR LEM IKUT TRADISI TAHUNAN MERPATI PUTIH

Penulis By on Sabtu, 14 Oktober 2017 | No comments

YOGYAKARTA - KOLAT BAPOR LEM SPSI ikut ambil bagian dalam acara Tradisi tahunan pesilat PPS Betako Merpati Putih yang di selenggarakan di Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (14/10/2017).

Tujuan diadakan tradisi di Parangkusumo ini untuk ajang silaturrahmi antar pesilat Merpati Putih dari seluruh Indonesia dan untuk terus mengasah kemampuannya agar berprestasi pada even di Merpati Putih dan Kejuaraan IPSI.




Tradisi merpati putih juga merupakan ajang untuk penyeragaman keilmuan, tradisi sendiri sebenarnya adalah serangkaian kegiatan yang pernah di jalani oleh Guru Besar Merpati Putih.

Dalam acara Tradisi ini di ikuti sebanyak 1.231 peserta,mereka berasal dari 50 cabang dari seluruh Indonesia dan perwakilan dua cabang di luar negeri. dari negara, Korea dan Thailand.
Sebelumnya acara tradisi juga dilakukan ujian kenaikan tingkat nasional (UKTNAS) Merpati Putih  yang diikuti 116 peserta, Kamis 12 Oktober 2017 di Sasono Hinggil Dwi Abad alun-alun Selatan Yogyakarta dan Jumat 13 Oktober 2017 di Parang kusumo Bantul Yogyakarta.

Ketua Pengurus Pusat Merpati Putih Amos Priono Trinugroho mengatakan, pelaksanaan tradisi kali ini dilakukan seperti biasa di mana dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan pertama terdiri dari pewaris, senior dan perwakilan cabang-cabang melakukan nyekar (ziarah) ke makam almarhum Sang Guru Saring Hadi Poernomo, Poerwoto Hadipoernomo dan Budi Santoso Hadi Poernomo di Ngulakan, Wates, Kabupaten Kulonprogo. Sedangkan rombongan yang lain melakukan napak tilas di Kali Opak dan ke Gunung Botak.

Yang tidak kalah serunya sebelum acara penutupan adalah atraksi penghancuran benda benda keras berupa cor beton, gagang dragon dan plat baja yang di persembahkan oleh Pengda Jawa Barat.




Baca Juga Artikel Terkait Lainnya