» » DEMO 121,TUNTUT KETEMU JOKOWI MAHASISWA BERTAHAN DIDEPAN ISTANA

DEMO 121,TUNTUT KETEMU JOKOWI MAHASISWA BERTAHAN DIDEPAN ISTANA

Penulis By on Kamis, 12 Januari 2017 | No comments

Jakarta,12/1/17. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jakarta dan Banten melakukan aksi demo longmarch dari Patung Kuda menuju Istana Merdeka, Jakarta, 12 Januari 2016. Dalam aksinya mahasiswa memprotes kebijakan pemerintah Jokowi yang dinilai meresahkan rakyat bahkan meminta presiden yang diusung PDIP tersebut mundur. 

Mahasiswa yang menggelar unjuk rasa menolak rencana kenaikan bahan bakar minyak, di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2017, nekat bertahan sampai dengan pukul 19.00 WIB. Sesuai ketentuan, unjuk rasa seharusnya berakhir pada pukul 18.00.

Aksi Bela Rakyat 121 itu diikuti sekitar seribu mahasiswa anggota Badan Eksekutif Mahasiswa se Jabotabek. Massa mahasiswa berkumpul di depan Istana di kawasan Jalan Merdeka Barat dengan membakar ban. 

Polisi mencoba mengajak negosiasi dan minta mahasiswa membubarkan diri. Namun mahasiswa bertahan dan menuntut ditemui langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sekitar 25 perguruan tinggi yang hadir antara lain BEM BSI, Universitas Juanda Bogor, STIE BI Pusat, STIE Hidayatullah Depok, PNJ, Yarsi, STAI BANI SALEH, dan IPB. Di antara pengjuk rasa, ada sekitar 30 mahasiswa UNS Solo. "Kami sengaja ikut aksi di Jakarta karena merasa ada janji Jokowi yang tidak sesuai waktu pemilu," kata Ilham Akbar, mahasiswa UNS.

Aksi sejenis dilakukan serentak di 19 titik kota berbeda di Indonesia, seperti Padang, Jambi, Bandung, Samarinda, Mataram, Gorontalo, Merauke, Subaraya. Untuk di Jakarta titik tujuan adalah Istana dan di kota lain di kantor gubernur dan  DPRD.

Tiga hal yang dituntut yaitu : Mencabut PP no 160 tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pengurusan SNTK dan BPKB,  menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 watt, dan meminta dikembalikan penetapan mekanisme BBM kepada pemerintah dan nenjamin terpenuhinya BBM bersubsidi seluruh SPBU.

Polisi dan tentara berjaga di sekitar Monas, Istana, Bundaran HI dan Jembatan Semanggi. 
Mobil water canon, baracuda dan pemadam kebakaran juga telah disiapkan di depan Istana.(Red)(Prw)

Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2017/01/12/078835422/demo-121-mahasiswa-bertahan-di-istana-tuntut-bertemu-jokowi



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya