» » GUNAKAN LOGIKA DAN ETIKA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

GUNAKAN LOGIKA DAN ETIKA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Penulis By on Senin, 09 September 2019 | No comments


SERIKAT BURUH, Pendidikan dalam rangka meningkatkan pengetahuan,wawasan dan ketrampilan serta profesionalisme pengurus Pimpinan Unit Kerja SP LEM SPSI se Kota Administrasi Jakarta Utara yang berlangsung di Athalia resort Cipayung Bogor Jawa Barat Sabtu 3-4 September 2019. Acara yang dimulai dengan ceremony pembukaan pukul 13.00 dan dihadiri 19 PUK se Kota Administrasi Jakarta Utara di lanjut dengan materi pembekalan seperti yang disampaikan oleh ketua DPC F SP LEM SPSI Bung Sutono bahwasanya salah satu aspek organisasi kuat adalah peningkatan wawasan Sumber Daya Manusia, setelah selesai ceremony dilanjutkan materi pembekalan session 1.

Materi penguatan Organisasi yang disampaikan oleh Sekertaris  DPC F SP LEM SPSI Bung Dadan Muldan. pentingnya solidaritas dan satu komando adalah kunci yang harus di pegang dalam setiap memperjuangkan terutama untuk peningkatan kesejahteraan. tuturnya dalam penyampaian materi pengutan organisasi.

Ketika semua satu kata untuk mengusung peningkatan, apabila tidak ada kesepakatan dan satu komando, akan menjadi perselisihan antar team itu sendiri maka dari itu pentingnya satu komando dalam pergerakan dan pemikiran dalam perjuangan untuk meraih yang terbaik dan diinginkan. Walaupun kadang keinginan itu juga tidak mesti tercapai tetapi minimal tidak terlalu terjun bebas hasil dari perundingan.

Materi penguatan Sumberdaya manusia berlangsung kurang lebih selama 120 menit, kondisi ini tidak membuat peserta merasa jenuh akan tetapi antusias dan banyak respon positif, bahkan banyak yang berinteraksi dengan menggunakan simulasi kasus/kondisi yang pernah terjadi.
mereka berharap pembekalan materi tentang ketenagakerjaan justru harus lebih sering dilakukan, selain untuk menguatkan yang sudah besar akan tetapi bisa membesarkan yang sudah kuat.



Selain penguatan dari Sumber Daya Manusia di agenda tersebut juga di berikan training asset yang kedua yaitu Aspek keuangan. "Bagaimana keuangan organisasi itu harus sehat. bagaimana kondisi sehat organisasi, yang pasti dengan meningkatkan perekonomian usaha bisa melalui koperasi salah satunya". lanjut Bung Usman dan Bung Beni dalam pemberian untuk materi pengutan keuangan. mereka berdua membawai untuk Bidang Sosial,Ekonomi DPC F SP LEM SPSI Kodya Atministrasi Jakarta Utara.

Pentingnya peran Koprasi bagi pekerja di jelaskan dengan detail dan terperinci oleh Bung Usman dan Bung Beni.beliau selain perangkat DPC F SP LEM SPSI yang juga merupakan ketua Koperasi DPC F SP LEM SPSI Jakarta Utara. Begitu rinci dan detail dalam memberikan pemahaman kepada peserta  training. step by step semua dijelaskan dan dijabarkan pentingnya Koperasi bagi pekerja.

Materi ketiga diisi oleh Muhammad Farid SH, MH yang merupakan seorang praktisi dan akademisi, menjelaskan bagaimana teknik negoisasi. Dipaparkan UU Serikat Buruh filosofinya adalah perjuangan menuju kesejahteraan. Dalam Hubungan Kerja untuk pekerja menggunakan UU Ketenagakerjaan 2003 sedangkan bagi perusahaan diatur dalam UU No.40 /2007 sehingga sebagai PUK harus tau mengenai UU No. 40/2007. Banyak hal-hal baru yang didapat oleh peserta dari materi ini sehingga diharapkan dapat dipraktekkan di perusahaan masing-masing.



Hari ke-dua diisi dengan kegiatan outbound mulai dari permainan kelompok hingga memecahkan tantangan secara berkelompok sehingga diharapkan team work dapat ditanamkan antar Peserta.(hpr)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya