» » Jangan Malu Menyandang Status Buruh

Jangan Malu Menyandang Status Buruh

Penulis By on Sabtu, 24 Januari 2015 | No comments

Baporlem Jakarta, 24/1/2015
Buruh, pekerja, worker, laborer, tenaga kerja atau karyawan pada dasarnya adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik berupa uang maupun bentuk lainya kepada Pemberi Kerja atau pengusaha
atau majikan.
Pada dasarnya, buruh, Pekerja, Tenaga Kerja maupun karyawan adalah sama. namun dalam kultur Indonesia, "Buruh" berkonotasi sebagai pekerja rendahan, hina, kasaran dan sebagainya. sedangkan pekerja, Tenaga kerja dan Karyawan adalah sebutan untuk buruh yang lebih tinggi, dan diberikan cenderung kepada buruh yang tidak memakai otot tapi otak dalam melakukan kerja,akan tetapi pada intinya sebenarnya keempat kata ini sama mempunyai arti satu yaitu Pekerja.Hal ini terutama merujuk pada Undang-undang Ketenagakerjaan, yang berlaku umum untuk seluruh pekerja maupun pengusaha di Indonesia.
Buruh selama ini dipersepsikan sebagai kelompok pekerja di pabrik yang berjumlah ratusan hingga ribuan orang. Dengan kekuatan kuantitatif yang dimiliki oleh buruh, asosiasi yang menaungi mereka memiliki kekuatan untuk mendapatkan posisi tawar saat berhadapan dengan pemilik perusahaan ataupun pemerintah.
Bagaimana dengan karyawan kantoran,mall dll
Khususnya mereka yang berdasi dan hilir mudik naik taksi atau merci?
"Ane bukan buruh, bro.Enak aje ente!" Kurang lebih, begitu nada sanggahan yang diberikan bila Anda melabeli orang-orang kantoran sebagai buruh.
Buruh dianggap kelas bawah.
Orang-orang yang bekerja dengan tenaga, bukan dengan otak. Orang-orang yang bekerja tanpa dibekali pendidikan khusus (tapi faktanya mereka punya keahlian khusus).
Disatu sisi sumbangsih buruh sangatlah besar terhadap kelangsungan negara ini, mereka adalah penggerak utama roda perekonomian dan pembayar pajak terbesar.
Jadi janganlah memandang  sebelah mata tentang kaum buruh dan "Jangan malu untuk mengakui bahwa anda adalah buruh"
hidup buruh....
hidup splem spsi....
hidup bapor....
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya